Thursday, June 23, 2011

Gotong Royong "Perayaan"

Sepi Ing Pamrih Rame
Rame Ing Gawe
Ayo bebarengan rame-rame nyambut gawe
Kanggo mbangun kampune dhewe
Bebarengan mrantasi gawe
(Om Teguh)

Tradisi bergotong-royong yang tergambar dalam kerja bakti kalau dalam istilah di kampung/ Dusun Baran adalah "Perayaan", hal ini mungkin hanya dapat ditemukan di Indonesia.
Maka dari itu, tradisi gotong royong dan bekerja sama yang sudah diterapkan sejak nenek moyang kita itu selalu menjadi elemen penting dalam pembangunan serta menjadi salah satu hal yang bisa dibanggakan di negeri ini.
Selain untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada, dengan kegiatan kerja bakti warga juga bisa saling bertatap muka, bertukar pikiran, hingga bercanda tawa sambil makan kue.Sebab, kerja bakti tidak mengkotak-kotakkan etnis, umur, agama, suku dan kedudukan/jabatan. Semua bersatu padu dan menggabungkan diri untuk bergotong-royong, baik untuk meringankan beban salah satu saudara mereka di kampung itu, membangun salah satu fasilitas umum (fasum) ataupun sekedar membersihkan jalan atau selokan.
Jadi..... ayo kita bangun semangat kebersamaan. Songsonglah pagi dengan segar kembali. Raih dan bangun kreasi dengan kerja bakti agar lingkungan Dusun Baran kita yang indah ini menjadi bersih, nyaman dan indah.

No comments:

Post a Comment


SELAMAT DATANG di BLOG MALAM KAMIS ONLINE semoga bisa menjalin silaturahmi, komunikasi dan berbagi informasi.